Pulau Sumatera

 

15 Tempat Wisata Terbaik di Pulau Sumatera, Indonesia

Dear travelers, musim liburan telah tiba dan tentunya banyak diantara anda yang ingin memanfaatkan liburan ini untuk pergi ke tempat wisata untuk menikmati suasana liburan dan menyegarkan diri anda dan keluarga. Nah sebagai salah satu referensi bagi anda, oketravelling akan membagikan 15 tempat wisata terbaik yang layak anda kunjungi di Pulau Sumatera, Indonesia menurut versi oketravelling.

Mari kita simak 15 tempat wisata terbaik di Pulau Sumatera, Indonesia :

1. Pulau Weh di Provinsi Aceh
Pulau yang terletak paling barat dan merupakan titik nol kilometer Indonesia ini akan memberikan tempat dan suasana liburan yang tidak bisa anda lupakan. Di pulau Weh anda bisa melakukan kegiatan menyelam, menikmati lezatnya makanan, menikmati ayunan jaring tempat tidur yang terikat di dua pohon kelapa, dan keindahan alam pulau Weh lainnya. Anda juga bisa selfie di tugu nol kilometer Indonesia.

Ibarat kata pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, maka ketika anda berwisata ke Pulau Weh anda bisa sekaligus mengunjungi banyak tempat wisata yang ada disana seperti Kota Sabang, Pantai Iboh, Pantai Gapang, Pantai Anom Itam, Tugu Nol Kilometer, Pantai Sumur Tiga dan Taman Laut Rubiah.

2. Kota Banda Aceh di Provinsi Aceh
Kota Banda Aceh sangat terkenal dari dahulu kala, sebagai pusat pemerintahan, pendidikan, perdagangan dan transit pelayaran internasional. Kini Kota Banda Aceh adalah ibukota dari Provinsi Aceh.Walau sempat luluh lantak karena tsunami pada tahun 2004 lalu, namun Kota Banda Aceh kini telah kembali bangkit berkat bantuan dari dalam dan luar negeri. Dengan kehidupan sehari-hari yang berdasarkan syariat Islam, Kota Banda Aceh memiliki potensi wisata yang sangat besar.

Beberapa tempat dan objek wisata yang cukup terkenal di Banda Aceh adalah Masjid Raya Baiturrahman yang berdiri megah dan gagah walaupun sempat diterjang tsunami, rumah di lampulo disana anda dapat melihat sebuah perahu yang terdampar di atap rumah penduduk ketika terjadi tsunami dan kapal ini telah menyelamatkan 59 orang yang berada di atasnya juga pantai Ulee Lheue yang langsung menghadap Selat Malaka dan Samudera Hindia. Di Banda Aceh anda juga bisa menikmati Mie Aceh dan Kopi Aceh yang sangat nikmat.

3. Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara
Danu Toba adalah danau terluas di Indonesia, dengan luas mencapai 1.145 kilometer persegi terletak di Provinsi Sumatera Utara. Danau Toba tergolong ke dalam jenis danau vulkanis karena terbentuk akibat letusan gunung berapi puluhan ribu tahun yang lalu.Di danau Toba anda bisa menikmati suasana sejuk dan segar karena udara yang dingin, anda juga juga bisa melihat hamparan biru air danau yang begitu luas bak lautan, dan disisi lain anda juga dapat menikmati pemandangan hijau dari hutan pinus yang ada disekitar danau. Kalau anda sudah berada di Danau Toba, jangan lewatkan untuk pergi ke Pulau Samosir yang ada di tengahnya. Di Pulau Samosir anda masih akan menemukan tempat wisata lainnya seperti pegunungan berkabut, Danau Sidihoni dan Danau Aek Tonang.

4. Pulau Nias di Provinsi Sumatera Utara
Anda pernah mendengar tradisi Lompat Batu? Lompat batu atau Fahombe (menurut bahasa lokal) adalah tradisi melompati batu setinggi 2 meter yang dilakukan oleh pemuda lokal. Dahulu tradisi ini dilakukan sebagai persiapan perang sekaligus untuk menguji nyali dan kedewasaan seorang anak laki-laki di Pulau Nias. Pulau ini terletak di Samudera Hindia, yang berjarak sekitar 125 kilometer sebelah barat pantai Pulau Sumatera.Dengan ombaknya yang begitu menantang para peselancar, membuat Pulau Nias ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara yang ingin menaklukkan ombak Pulau Nias. Di Pulau Nias, anda akan tidak hanya menikmati wisata alam saja, tapi anda juga akan disuguhkan dengan wisata sejarah dengan adanya Museum Pusaka Nias yang menyimpan sekitar 6500 koleksi budaya peninggalan masyarakat Nias.

5. Kota Medan di Provinsi Sumatera Utara
Kota Medan adalah ibukota Provinsi Sumatera Utara, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Sejak dahulu Kota Medan sudah terkenal di dunia sebagai pusat bisnis dan perdagangan. Dengan multi etnis (batak, mandailing, melayu, minang, jawa, aceh, arab, india dan cina) yang mendiami Kota Medan, menjadikan kota ini memliki banyak ragam budaya, tradisi, kesenian dan makanan.Di Kota Medan anda dapat menikmati berbagai jajanan makanan seperti durian medan (musiman), kue bika ambon, atau pun jus terong belanda (aneh-aneh bukan namanya…hehehehe). Kota Medan adalah perpaduan antara kota kuno dan modern yang apik. Di Kota Medan dan sekitaranya banyak terdapat tempat wisata seperti Istana dan Masjid Kesultanan Islam Deli, Menara Air Tirtanadi (ikon Kota Medan), Titi Gantung (sebuah jembatan di atas rel kereta api), Masjid Al Osmani, rumah Tjong A Fie dan sebagainya.

6. Kota Padang dan sekitarnya di Provinsi Sumatera Barat
Siapa yang tidak kenal dengan makanan Rendang yang sangat lezat, atau rumah makan padang yang tersebar diseluruh Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Kota Padang sebagai ibukota Provinsi Sumatera Barat adalah salah satu pusat wisata dan makanan lezat yang ada di Pulau Sumatera dan Indonesia. Sejak dahulu Kota Padang sudah sangat terkenal bagi para wisatawan. Indahnya pantai yang terdapat di sekitar Kota Padang seperti pantai padang, pantai air manis, pantai carocok dan lain-lain menjadikannya banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.Di pantai Air Manis anda bisa mengunjungi tempat wisata “Batu Malin Kundang” yang letaknya tidak jauh dari Kota Padang, atau mungkin mau meneruskan berwisata ke Pulau Mentawai, Sikuai yang terdapat diseberang Kota Padang.
Bagi anda yang gemar berwisata kuliner, Kota Padang termasuk salah satu surga untuk menikmati berbagai macam makanan seperti rendang, sate, soto, lamang (lemang), kue bolu manis dan lain-lain.

7. Kota Bukit Tinggi dan sekitarnya di Provinsi Sumatera Barat
Kalau tadi kita berbicara tentang Kota Padang dengan pemandangan dan wisata pantai dan lautnya yang menawan, maka kini kita berbicara tentang Kota Bukit Tinggi yang juga terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Rasanya tidak lengkap kalo anda travelers ketika berkunjung ke Sumatera Barat tidak pergi ke Kota Bukit Tinggi.Kota yang pernah menjadi ibukota negara Indonesia pasca agresi militer belanda kedua yang menawan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama memberikan pengalaman seru bagi siapa pun yang datang mengunjunginya. Kota yang terkenal dengan “Jam Gadang”nya ini banyak mempunyai objek wisata, diantara Jam Gadang, Kebun Binatang, Pasa Ateh & Pasa Bawah (pasar di atas dan pasar di bawah), pemandangan gunung-gunung yang mengelilingi kota bukit tinggi seperti Gunung Marapi, Gunung Singgalang dan Gunung Sago, serta objek wisata lain yang ada di sekitar Kota Bukit Tinggi. Di kota ini anda dan keluarga juga dapat menikmati jajanan makanan berupa Nasi Kapau, Gulai Itiak Lado Mudo, Pical Sikai, Sate Mak Syukur, Sanjai, karak kaliang, bareh randang dan lain-lain.

Oh ya satu tempat wisata menarik lainnya yang terdapat di Kota Bukit Tinggi adalah “Ngarai Sianok”. Dari Kota Bukit Tinggi anda juga bisa melanjutkan perjalanan wisata (travelling) ke beberapa objek wisata lainnya yang ada di Sumatera Barat seperti Istana Pagaruyung, Danau Di Ateh Danau Di Bawah, Danau Singkarak, Danau Maninjau dan lain-lain.

8. Kota Pekanbaru dan sekitarnya di Provinsi Riau
Kota Pekanbaru adalah ibukota Provinsi Riau terletak di tepian Sungai Siak (sungai terdalam di Indonesia). Dengan budaya asli Melayu dan bercampur dengan budaya suku pendatang seperti jawa, batak, minang, banjar, bugis, dan cina menjadikan Pekanbaru kota yang memiliki multi etnik memberikan cita rasa tersendiri ketika anda berwisata disana.Di Pekanbaru terdapat beberapa tempat yang patut dikunjungi seperti Pasar Bawah (yang menjual berbagai macam barang dari mancanegara), Masjid Agung An Nur, Masjid Raya Pekanbaru, Pustaka Soeman HS (pustaka terbesar di Asia Tenggara) dan lain-lain.

Selain tempat-tempat tersebut, Kota Pekanbaru juga merupakan surga bagi anda Shopaholic karena banyak mal dan pusat perbelanjaan yang dibangun untuk memanjakan anda dalam berbelanja. Untuk makanan, anda pecinta wisata kuliner dapat menikmati gulai asam pedas Patin, Tapah, Baung dan Selais yang begitu lezatnya.

Dari Pekanbaru, jika anda ingin mengunjungi tempat wisata lain, anda bisa mengunjungi Istana Sultan Siak di Siak Sri Indrapura, Hutan Lindung Minas, Candi Muara Takus di Kampar dan lain-lain yang dapat ditempuh lewat darat atau dengan transportasi air.

9. Kota Batam di Provinsi Kepulauan Riau
Nah bagi anda travelers yang ingin menikmati wisata siang dan malam maka Kota Batam adalah tempat yang tepat untuk anda kunjungi. Terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Kota Batam berbatasan langsung dengan negara Singapore (hanya berjarak 30 menit dengan menggunakan kapal cepat).Anda bisa berbelanja seharian penuh di Kota Batam karena begitu banyak mal dan pusat perbelanjaan yang disiapkan buat menghibur diri anda dalam membelanjakan uang yang telah anda peroleh seperti di Nagoya Center.

Adapun tempat wisata yang dapat anda kunjungi di Batam adalah Costarina, Bay Golf & Country Club, Nongsa Point Marina (tempat fasilitas kapal pesiar dan kapal berlayar), serta pulau-pulau kecil yang ada disekitarnya untuk tempat snorkling, diving, memancing, dan trekking. Di Batam juga anda bisa melihat Jembatan Barelang yang menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Rembang dan Galang yang ada di Selatan Pulau Batam.

10. Kota Tanjung Pinang di Provinsi Kepulauan Riau
Kota Tanjung Pinang terletak di Pulau Bintan dan menjadi Ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Dahulu sebelum dimekarkan menjadi provinsi, Tanjung Pinang dan Batam termasuk ke dalam wilayah Provinsi Riau.
Di Tanjung Pinang banyak dijumpai tempat dan objek wisata seperti Pantai Trikora, Masjid Sultan Riau (Masjid Penyengat) dan Makam Sultan Raja Ali Haji (makam sultan-sultan penyengat). Dahulu Tanjung Pinang menjadi saksi abadi berdiri dan runtuhnya kerajaan Johor-Riau.Untuk wisata kuliner, anda bisa menyantap berbagai masakan khas laut yang diolah dengan lezat oleh para koki yang ada di Kota Tanjung Pinang.

11. Taman Nasional Kerinci Seblat di Provinsi Jambi
Taman Nasional Kerinci Seblat terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki banyak tempat objek wisata, seperti Gunung Kerinci (Gunung Api tertinggi di Indonesia), Danau Kerinci, Air Terjun Telun Berasap, Air Panas Semurup, Bukit Kayangan, dan Danau Gunung Tujuh.Bagi anda travelers yang hobi melakukan trekking atau adventure tentunya Taman Nasional Kerinci Seblat menjadi salah satu pilihan anda ketika melakukan travelling. Udara dingin yang menyelimuti taman nasional ini dan ditambah dengan seduhan teh hangat “Kayu Aro” akan memberikan sensasi nikmat luar biasa bagi anda yang mengunjunginya.

12. Kota Palembang dan sekitarnya di Provinsi Sumatera Selatan
Kota Palembang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Selatan yang dibelah oleh Sungai Musi. Kota yang terkenal dengan Jembatan Amperanya itu juga dikenal dengan sebutan Kota Pempek (makanan khas Palembang).Setiap tahun di Kota Palembang diselenggarakan Musi Triboatton yang merupakan event menarik yang diselenggarakan oleh Pemerintah setempat untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara. di Palembang kita juga bisa mengunjungi situs bersejarah kerajaan Sriwijaya, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Pusat Ukiran Kayu, Jembatan Ampera, Makam Kawah Tengkurep dan Benteng Kuto Besak.
Untuk makanan, anda bisa menikmati pempek palembang, kerupuk palembang, tekwan, martabak hari dan lempok durian.

Gambar terkait
13. Bangka & Belitung di Provinsi Bangka Belitung
Pulau Bangka dan Pulau Belitung adalah dua pulau terbesar yang terletak di Provinsi Bangka Belitung, dan nama provinsinya juga diambil dari nama kedua pulau tersebut. Sebelum menjadi provinsi, Bangka Belitung dulunya adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan.Dengan keindahan pantai dan lautnya, Bangka Belitung menawarkan pengalaman berbeda untuk wisata bahari bagi anda para diver, untuk melakukan diving dan snorkling atau untuk anda yang gemar memancing dan berlayar.

Oh ya jangan salah, tidak hanya wisata bahari yang dapat ditawarkan oleh Bangka Belitung, anda juga bisa ke Gunung Menumbing yang ada di daerah Muntok (Barat laut Bangka). Disana berdiri sebuah penginapan yang dibangun oleh Belanda ketika mereka menawan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Pertama Soekarno – Hatta pada Februari – Juli 1949. Selain itu, di Barat Pulau Bangka anda bisa mengunjui Kota Muntok, yang dahulunya merupakan salah satu pelabuhan penting bagi dunia karena dari sini dihasilkan lada putih dan bijih timah. Di Muntok anda juga bisa menyaksikan bangunan-bangunan bersejarah dari etnis melayu, eropa dan cina.

14. Kota Bengkulu dan sekitarnya di Provinsi Bengkulu
Dulu kota Bengkulu menjadi salah satu bandar (kota) yang sangat didambakan oleh bangsa-bangsa eropa untuk menguasainya. Dari sejarah tercatat bahwa Kota Bengkulu pernah dikuasai oleh Inggris dan Belanda. Bahkan, nama salah satu Gubernur Jendral Inggris yang sempat berkuasa di Bengkulu Thomas Stamford Raffles dijadikan nama untuk bunga pemakan bangkai terbesar didunia yaitu Bunga Rafflesia Arnoldi (Arnoldi seorang dokter yang ikut menemukan bunga tersebut bersama sang gubernur).
Di Kota Bengkulu (Ibukota Provinsi Bengkulu) anda bisa nemukan dan mengunjungi sejumlah objek wisata seperti Pantai Panjang Bengkulu, Pantai Jakat dan Pantai Tapak Paderi yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia, Danau Dendam Tak Sudah yang dikelilingi oleh tumbuhan Anggrek air Vanda hookeriana dan Rumah Pengasingan Bung Karno serta Benteng Marlborough.
15. Taman Nasional Way Kambas di Provinsi Lampung
Di Provinsi Lampung banyak terdapat tempat dan objek wisata, salah satu yang sangat menarik untuk anda kunjungi adalah tempat dan objek wisata Taman Nasional Way Kambas. Apa yang menarik dari Taman Nasional Way Kambas ini? Taman Nasional ini merupakan cagar alam tertua di Indonesia yang didirikan sejak tahun 1985, dan merupakan rumah sekaligus tempat pelatihan bagi gajah-gajah sumatera (Elephas maximus sumatranensis).Sedikitnya ada sekitar 200 ekor gajah yang ada di Way Kambas yang terlatih dan dilindungi oleh Pemerintah Republik Indonesia. Gajah-gajah ini dilatih untuk melakukan kegiatan seperti mengangkut kayu, membajak sawah, bahkan bermain bola dan pertunjukan hiburan lainnya. Selain diisi gajah, Taman Nasional Way Kambas juga dihuni oleh Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), tapir (Tapirus indicus), Anjing Hutan (Cuon alpinus sumatrensis), Siamang (Hylobates syndactylus), 406 jenis burung dan berbagai jenis tumbuhan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s